Search

Hati-hati! 10 Alat Dapur Ini Paling Rentan Jadi Sarang Bakteri (1)

Jakarta - Alat-alat dapur harus bersih dari bakteri karena dipakai untuk mengolah makanan. Kenali alat dapur yang rentan jadi tempat bersarangnya bakteri.

Jika peralatan dapur kotor, bukan tak mungkin makanan yang dihidangkan ikut terkontaminasi dengan bakteri. Karenanya, Anda harus memastikan bahwa peralatan tersebut terbebas dari serangan bakteri. Dilansir dari Kitchn (31/10) berikut 5 peralatan dapur yang rentan terkena bakteri.

Baca juga : Agar Mudah Rapihkan Dapur, Ikuti Nih 4 Tips Ini

1. Pintu kulkas
Hati-hati! 10 Alat Dapur Ini Paling Rentan Jadi Sarang Bakteri (1)Foto: Istimewa
Pintu kulkas merupakan bagian yang paling hangat dari keseluruhan bagian kulkas. Biasanya suhu yang disarankan sekitar 5 derajat celcius untuk bisa menjaga makanan supaya tetap aman. Itu artinya, makanan yang tersimpan di pintu kulkas rentan terkena bakteri yang tumbuh. Lebih baik pertahankan suhu internal sekitar 2.7 derajat celcius dan 8 derajat celcius dan masukkan termometer makanan Anda di pintu kulkas guna memastikan suhunya tepat. Karenanya memiliki termometer kulkas sangat dianjurkan.

2. Rak lemari es dan tempat sampah

Hati-hati! 10 Alat Dapur Ini Paling Rentan Jadi Sarang Bakteri (1)Foto: Istimewa
Selain pintu kulkas, bagian kulkas yang rentan terkontaminasi bakteri adalah rak kulkas. Biasanya orang banyak yang menumpuk satu pak hamburger di atas soda dan selada. Selain itu juga banyak meletakkan daging-daging. Manfaatkan rak kulkas sesuai penggunaannya dan pastikan tidak menumpuk makanan yang berbeda. Segera juga seka tumpahan apapun dalam kulkas.

3. Talenan

Hati-hati! 10 Alat Dapur Ini Paling Rentan Jadi Sarang Bakteri (1)Foto: Istimewa
Talenan sangat berfungsi untuk tempat memotong bahan-bahan masakan. Sayangnya, talenan juga rantan terkena bakteri. Hal tersebut terjadi lantaran biasanya banyak yang menggunakan talenan untuk bermacam-macam bahan secara bergantian tanpa dibersihkan sebelumnya. Supaya lebih bersih, disarankan untuk memiliki lebih dari satu talenan

4. Spons

Hati-hati! 10 Alat Dapur Ini Paling Rentan Jadi Sarang Bakteri (1)Foto: Istimewa
Spons merupakan alat untuk membersihkan dari sisa-sisa kotoran pada peralatan dapur. Maka tak heran spons termasuk barang-barang yang menjadi tempat bersarangnya bakteri. Ternyata spons bukan pilihan yang tepat untuk membersihkan perabotan daur. Spons hanya untuk membersihkan, tetapi tidak secara menyeluruh. Pastikan secara berkala mengganti spons cuci piring.

5. Lap piring

Hati-hati! 10 Alat Dapur Ini Paling Rentan Jadi Sarang Bakteri (1)Foto: Istimewa
Membersikan piring untuk digunakan sebelum makan, biasanya menggunakan lap kering. Namun, apakah Anda yakin bawah handuk yang digunakan tersebut bersih?Mungkin saja bersih, tetapi ketika Anda menyeka tangan Anda dengan handuk tersebut, maka mungkin saja muncul banyak bakteri. Jika Anda ragu akan kebersihan handuk piring milik Anda, pengeringan alami dengan udara merupakan cara terbaik.

Baca juga : Ingin Belanja Bumbu Dapur, Simak Tips Ini (dwa/odi)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dong https://food.detik.com/info-sehat/d-4285309/hati-hati-10-alat-dapur-ini-paling-rentan-jadi-sarang-bakteri-1

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hati-hati! 10 Alat Dapur Ini Paling Rentan Jadi Sarang Bakteri (1)"

Post a Comment

Powered by Blogger.