Search

Selalu Higienis, Ini 6 Cara Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur - Suara.com

Suara.com - Kebersihan dapur menjadi kunci kesehatan anggota keluarga. Dapur yang bau bukan hanya berpotensi jadi sarang penyakit, tapi juga mengganggu kenyamanan memasak. Namun karena penggunaannya yang cukup intens - hampir setiap waktu digunakan untuk memasak, kondisi dapur kotor dan bau pun jadi tak terhindarkan.

Mengusir aroma tak sedap di dapur bukanlah perkara mudah, terutama yang berasal dari sisa makanan. Tempat mengendapnya sisa makanan, seperti bak cuci piring dan tempat sampah, menjadi dua sumber utama bau tak sedap di dapur. Jika tak segera diatasi, aromanya dapat menyebar ke ruangan lain di rumah. Diperlukan trik untuk membersihkan kedua tempat ini secara maksimal. Bagaimana caranya? Ikuti siasat ampuh dari Dekoruma berikut!

1. Disinfektan Saluran Air

Bersihkanlah lubang atau ujung pipa saluran air. (Shutterstock)
Bersihkanlah lubang atau ujung pipa saluran air. (Shutterstock)

Selain menyebabkan pampat, makanan yang menyangkut di dalam pipa saluran air juga dapat mengeluarkan bau tak sedap. Bersihkanlah lubang atau ujung pipa saluran air paling tidak seminggu sekali.

Untuk menghancurkan kotoran yang menggumpal gunakan campuran disinfektan dengan baking soda. Jangan gunakan cairan penghancur lemak karena dapat merusak pipa saluran air. Agar selalu mengilap dan higienis, penting bagi Anda untuk menjaga area bak cuci tetap kering. Sehabis mencuci, taburkan tepung terigu pada permukaannya, lalu bilas dengan sabun dan keringkan dengan handuk hangat.

2. Ramuan Soda Kue, Minyak Esens, dan Air Panas

Ramuan soda kue, minyak esens, dan air panas untuk hilangkan bau tak sedap di dapur. (Shutterstock)
Ramuan soda kue, minyak esens, dan air panas untuk hilangkan bau tak sedap di dapur. (Shutterstock)

Jika aroma tak sedap tak juga hilang meski saluran air dan bak cuci telah dibersihkan, Anda dapat memanfaatkan minyak esens. Kesegaran aroma minyak esens dapat langsung mengusir bau yang kuat.

Tambahkan minyak esens dengan satu sendok baking soda, diamkan selama satu jam di bak cuci, lalu bilas dengan dua gelas air panas. Jenis minyak esens yang bisa Anda gunakan di antaranya adalah eucalyptus, tea tree, dan mint

3. Arang Mengusir Bau Busuk Sampah

Arang bantu mengusir bau busuk sampah di dapur. (Shutterstock)
Arang bantu mengusir bau busuk sampah di dapur. (Shutterstock)

Selain bak cuci piring, sebagian bau tak sedap di dapur juga berasal dari tempat sampah. Anda bisa mengatasinya dengan membuang sampah secara rutin dan meletakkan potongan arang di dalam tempat sampah.

Saat ditempatkan di wadah tertutup, arang berfungsi menetralisir bau di sekitar wadah. Lima sampai tujuh potong arang yang dimasukan ke dalam tempat sampah efektif menyerap bau busuk dan amis yang dikeluarkan oleh sisa makanan organik.

4. Sterilisasi dengan Cuka Panas

Cara Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur. (dekoruma.com)
Cara Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur. (dekoruma.com)

Tempat sampah juga harus rutin dibersihkan menggunakan disinfektan. Namun, larutan pembersih kimia saja tidak cukup.

Untuk memastikan tempat sampah terbebas dari kuman atau bakteri berbahaya, tuangkan larutan cuka yang dicampur dengan air panas ke dalamnya. Larutan ini berperan untuk membasmi mikroorganisme berbahaya.

Larutan cuka panas juga dapat digunakan untuk sterilisasi peralatan elektronik dan wadah minuman, seperti teko listrik, coffee maker, dan termos.

5. Taburkan Soda Kue Secara Rutin

Tabur soda kue bantu hilangkan bau tak sedap di dapur. (Shutterstock)
Tabur soda kue bantu hilangkan bau tak sedap di dapur. (Shutterstock)

Untuk memastikan bau tak sedap benar-benar hilang, tak ada salahnya untuk menaburkan soda kue di atas sumber bau secara berkala. Satu kali seminggu cukup untuk menjaga dapur tetap segar. Tidak hanya mengusir bau tak sedap, bau asap yang berasal dari proses memasak makanan, atau bau apek dari peralatan dapur yang disimpan di dalam lemari juga dapat dinetralisir oleh soda kue.

Setelah mengikuti kelima trik ini, dijamin dapur akan menjadi lebih bersih, segar, dan harum sehingga kembali nyaman digunakan untuk memasak. Selain itu, kelima trik ini juga aman diikuti karena tak menggunakan zat kimia berbahaya yang dapat merusak material dapur.

Artikel terkait:

[Infografik] Ibu, Intip Contekan untuk Simpan Bahan Makanan di Dapur!

13 Model Dapur Bersih Ala Jepang Ini Pasti Bikin Kamu Kagum!

11 Desain Dapur Masak Efisien Favorit Para Ibu

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dong https://www.suara.com/lifestyle/2019/07/13/163000/selalu-higienis-ini-6-cara-hilangkan-bau-tak-sedap-di-dapur

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selalu Higienis, Ini 6 Cara Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.